Sebuah perubahan justru penting dilakukan secara terukur, tidak juga dengan membuang-buang energi terlalu banyak didepan, karena nafas panjangnya digunakan untuk perjalanan yang panjang.

Merangkul para enthusiast dan visioner lebih penting menjadi perhatian utama diawal-awal perubahan, karena benih-benih perubahan diuji-coba disini, kegagalan pada kalangan ini tak membuatnya mundur tapi mendatangkan semangat memperbaikinya.

Menggandeng para sponsor perubahan, memberikan wadah bagi para inisator perubahan untuk saling menumbuhkan inisiatif dan mengorkestrasinya adalah perjalanan panjang. Tak ada yang instan dalam proses perubahan, apalagi melekatkannya pada manusia. Kekuatannya terletak pada seberapa frekwentif dan konsistennya angin perubahan dikenalkan, dicontohkan dan diperagakan pada periode waktu yang panjang. Perlahan tumbuh dan berdampak.

Keberhasilan sering tumbuh perlahan, karena diawal kegagalan akan jadi makanan sehari-hari, penting untuk melibatkan komunikasi yang efektif, menjelaskan alasan perubahan secara jelas, mengidentifikasi manfaat perubahan, melibatkan anggota kelompok dalam proses perencanaan, memberikan pelatihan yang dibutuhkan, dan memberikan dukungan kontinu untuk menginspirasi dan memotivasi anggota kelompok agar mereka merasa terlibat dan memiliki kepemilikan dalam perubahannya!

Selamat mengarungi perubahan!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *