Sumber-sumber pembelajaran yang beragam akan membuat seseorang paham beragam macam konteks, hal ini juga membuatnya paham lebih luas karena cakrawalanya berada lebih tinggi untuk dapat melihat holistik.

Secara individual, memang penting bagi setiap orang dalam sebuah learning organization mengasah dan saling menguatkan sumber-sumber pemahaman, baik itu dari ranah kognitig yang meliputi pemikiran dan persepsi, ranah fisik dimana mendapatkan rujukan dari pengalaman nyata dan fakta, serta sumber-sumber lainnya.

Proses memadukan informasi ini menjadi penting untuk saling menguatkan, dengan kemampuan menelaah informasi dengan kekuatan pengetahuan yang diperoleh secara internal dan eksternal. Sumber-sumber ini penting dipadukan dari sumber-sumber individual dan kolektif. Disinilah sebuah organisasi menjadi penting dalam upaya menjadikannya sebagai organisasi pembelajar.


Memadukan dua sumber pengetahuan diatas akan menguatkan kondisi situational awareness, dimana Ia sadar benar terhadap pemahaman yang tepat dan akurat tentang lingkungan sekitar serta pemahaman terhadap kondisi, peristiwa, dan faktor yang sedang berlangsung di dalamnya. Ini melibatkan kesadaran dan pemahaman yang holistik terhadap situasi di sekitar seseorang, termasuk informasi mengenai orang, objek, tempat, peristiwa, dan interaksi yang relevan dalam konteks tertentu.

Dalam kombinasi, insight dan foresight memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih komprehensif tentang suatu situasi. Insight membantu dalam mengungkapkan wawasan mendalam yang mungkin tersembunyi di balik informasi yang ada, sedangkan foresight membantu dalam melihat implikasi jangka panjang dari tindakan yang diambil sekarang. Keduanya bersama-sama membantu dalam mengembangkan wawasan yang lebih luas dan mendalam dalam berbagai konteks.

Proses ini akan membawa kita pada pemahaman yang lebih baik, diperoleh karena Ia mampu membangkitkan insight serta foresignt dimana Ia akan paham KONTEKSnya, Implikasi dan konsekwensi dari sebuah permasalahan yang dihadapinya.

Selamat belajar🚀🚀

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *