Jika kamu berada dalam sebuah organisasi, mana yang lebih penting? Organisasinya / anggotanya? layaknya kupu-kupu dengan dua sayapnya, keduanya menjadi penting karena mengepakkan sayap perlu keduanya untuk saling melengkapi, saling paham untuk terbang tinggi bersamanya.

Jika sama-sama penting, mana yang perlu didahulukan? Setiap orang dalam perahu organisasi penting atas rasa kepemilikan & punya kesadaran penuh, bahwa organisasi adalah kendaraan kemajuannya, perahunya. Maka yang didahulukan adalah menyelamatkan organisasinya, dibandingkan menyelamatkan dirinya.

Memastikan setiap anggota untuk paham bahwa organisasi adalah wadah tim untuk melaju sebagai kendaraan dalam menggapai tujuannya memang sebuah tantangan tersendiri. Menurunkannya kemudian menjadi teknis jadi tantangan berikutnya dalam memahamkannya. Hal ini dinamakan Business Acumen, apa saja atributnya?

1. Paham Financial:
Mampuan membaca & menginterpretasikan laporan keuangan.

2. Paham Pasar
Mengetahui target target, pelanggan, pesaing, tren industri & dinamika pasar

3. Kemampuan Analitis:
Mampu menganalisis data, mengidentifikasi tren. & mengambil keputusan berdasarkan informasi yang tersedia.

4. Paham Operasional:
Memahami bagaimana proses operasional berjalan di dalam organisasi, termasuk rantai pasokan, produksi, distribusi & manajemen inventaris.

5. Pemahaman Strategis:
Pahami tujuan jangka panjang & rencana strategis organisasi serta paham bagaimana tindakan-tindakan saat ini berdampak pada pencapaian tujuan tersebut.

6. Berpikir Kritis:
Kemampuan untuk mempertanyakan, menganalisis & mengevaluasi informasi serta ide-ide.

7. Berkomunikasi:
Mampuan untuk menjelaskan konsep bisnis dengan jelas dan mempengaruhi orang lain dengan argumen yang kuat.

8. Kesadaran Resiko:
Paham risiko-risiko yang mungkin timbul & cara mengelolanya.

9. Kreativitas & Inovasi:
Mampu mengidentifikasi peluang baru, inovasi & ide-ide kreatif yang dapat meningkatkan kinerja bisnis.

Setiap orang memastikan bahwa Ia paham atribut-atribut business acumen ini, hingga Ia mampu membuat keputusan yang lebih baik, mengelola risiko dengan lebih efektif, dan berkontribusi secara signifikan terhadap suksesnya organisasi.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *