Punya banyak kenalan? Teman hasil silaturahmi yang tak putus tentunya jadi kekuatan yang penting, modal keberhasilan dimasa datang. Coba deh rapihkan dengan memetakannya karena hal ini akan membantu organisasi untuk mengidentifikasi, memahami, dan berinteraksi dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan atau pengaruh terhadap tujuan kita. Beberapa hal kenapa penting memetakan stakeholders;

🤨 Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan: Memahami kepentingan dan perspektif berbagai pihak membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan & harapan mereka terhadap organisasi.

😎Mengurangi konflik: kita dapat mengidentifikasi potensi konflik kepentingan dan mengambil tindakan pencegahan untuk menguranginya.

🤩Mendukung pengambilan keputusan: jadi paham siapa saja yang terpengaruh oleh proyek atau keputusan tertentu membantu dalam mengambil keputusan yang lebih informasional & punya dampak positif.

🫣Meningkatkan komunikasi: bisa merancang strategi komunikasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Gimana memulainya?

🚗Identifikasi stakeholders: Buat daftar semua pihak yang terlibat atau terpengaruh oleh organisasi, termasuk individu, kelompok & lembaga.

🚙 Prioritaskan stakeholders: Tentukan siapa saja yang memiliki pengaruh atau kepentingan yang tinggi terhadap organisasi.

🚐 Kumpulkan informasi: Dapatkan data tentang setiap stakeholder, termasuk tujuan, kepentingan, posisi & tingkat pengaruh mereka terhadap tujuan kita.

🚕 Buat peta visual: Gunakan peta atau matriks untuk menggambarkan informasi yang dikumpulkan. Secara sederhana bisa gunakan sumbu X dan Y untuk menggambarkan tingkat kepentingan & pengaruhnya.

🚓 Analisis & tindakan: Analisis hasil pemetaan untuk mengidentifikasi kesempatan dan tantangan. Kemudian rancang strategi untuk berinteraksi dengan masing-masing stakeholder secara efektif.

Ingat yaa bahwa pemetaan stakeholders adalah proses yang berkesinambungan, dan kita perlu memperbarui peta tersebut seiring berjalannya waktu dan berubahnya kondisi organisasi.

Jangan putus silaturahmi yaa, pastikan tetap connected!🚀🚀

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *