Nyari ilham! Kalimat yang sering muncul ketika kita melalukan proses eksplorasi. Dalam kata lain sering kita menuangkannya dalam proses pencarian insight atau foresight🤩

Insight dan foresight adalah dua konsep yang berbeda tapi saling terkait dalam konteks pemahaman & prediksi masa depan. Bedanya apa?

✔️Insight:
Insight mengacu pada pemahaman mendalam tentang suatu situasi atau peristiwa yang sudah terjadi atau sedang terjadi. Ini melibatkan pemahaman yang lebih dalam tentang konteks, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan pola-pola yang muncul dari pengalaman atau data yang ada. Insight membantu kita memahami mengapa sesuatu terjadi dan memberikan wawasan tentang situasi yang ada.

✔️Foresight:
Foresight adalah kemampuan kita untuk memprediksi atau melihat ke depan, berdasarkan pemahaman kita tentang tren, perkembangan, dan perubahan di masa depan. Foresight melibatkan menggunakan informasi yang ada untuk mengidentifikasi dan memahami kemungkinan masa depan, serta mengantisipasi potensi risiko, peluang, atau perubahan yang akan datang. Untuk memahaminya bisa melibatkan analisis, pemodelan, dan bahkan penalaran logis untuk menggambarkan atau meramalkan kejadian yang mungkin terjadi di masa depan.

Inget lagi, bedanya insight & foresight adalah bahwa insight berkaitan dengan pemahaman tentang apa yang telah terjadi atau sedang terjadi, sementara foresight berkaitan dengan pemahaman tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan. Penting banget buat jadi bahan lesson learned kita.

Insight membantu kita memahami masa lalu dan sekarang, sementara foresight membantu kita mengantisipasi dan merencanakan untuk masa depan😘

Keduanya, antara insight & foresight saling terkait dan saling mendukung loh yaa! Pemahaman yang mendalam tentang masa lalu dan sekarang (insight) dapat memberikan landasan yang kuat agar kita bisa membuat prediksi yang akurat tentang masa depan (foresight). 😎

Penting banget kita punya keterampilan mengkombinasokan insight & foresight, kita bisa punya pemahaman yang lebih komprehensif dan informasi yang lebih baik untuk membuat keputusan yang tepat di masa depan.

Ayoo belajar lagi yok😎😎😎

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *