Pernah denger ngga istilah “Fail Forward” Istilah ini lekat dengan pendekatan dalam membangun kultur inovasi. Istilah ini sering ditemukan dalam dunia bisnis artinya, ngga semua harus nunggu sempurna, coba aja dulu! Fail fast biasanya diikut dengan “Fail Often”, namanya juga eksplorasi, pasti akan menemukan banyak kegagalan yang berbeda.

Kondisi ini akan banyak mendatangkan keuntungan karena jadi matang, banyak belajar & melompatkan prosesnya dalam proses akselerasi. Jangan ragu mengulang proses eksperimennya berulang dan berulang lagi.

Istilah ini merujuk pada kegagalan & penyesuaian. Fail Forward berarti dengan sengaja dan sengaja menggunakan kegagalan untuk menemukan kesuksesan. Ini adalah proses yang dibangun secara sadar dimana hal pertama-tama yang perlu dilakukan adalah bagaimana kita bisa melepas rasa obsesif kita untuk selalu menjadi menjadi sempurna.

-When we try to be perfect, we limit our ability to grow, because we stay in our comfort zone and avoid even healthy risks. When we seek perfection, we limit the power of the divine- James Baraz.

Ini bukan berarti bahwa kita ngga boleh melakukan proses persiapan ya, atau mengantisipasi tantangan, atau menilai risiko. Sebaliknya – dasar dari “Fail Forward” adalah bagaimanan menjadi lebih baik dalam memitigasi risiko dan pada saat yang sama kita juga tidak menahan diri. Coba aja dulu kemudian lihat apa yang terjadi.

If we never try🎶🎶
🎶🎶How will we know
Baby, how far this thing could go?🎶
-Stacye Ryan–

Gimana memulai cara memberanikan “Fail Forward?”
1. Coba dulu dari hal kecil
2. Belajar mengubah perspektif jadi penting. Kita punya 100% kendali atas pikiran & perasaan. Jangan tersandera keraguan/ ketakutan. Kendalikan pikiran & fokus pada kebaikan yang akan datang.
3. Hadapi Setiap Ketakutan.Hadapi ketakutan, segera ambil kendali & bergerak maju dengan damai.

Pada kenyataanya, kegagalan akan selalu jadi bagian dari kehidupan. Jika tak gagal, kita tak banyak belajar. Redefinisikan ulang kegagalan, gunakanlah untuk menekuni Fail Forward.

Failing Forward is the art of failing forward that will ultimately drive sustainability, and teach collaboration, empowerment and resilience.- Stephen Childs-

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *