Resourcefulness, satu kata ini sedang sangat intensif dikemukakan dalam ekosistem kami. ā€œEkosistem yang resourceful, adalah sekelompok individu yang saling mengenal satu sama lainnya, mengisi beragam kekurangan dengan solusi dari anggota-anggota yang Ia kenali.ā€ Resourceful akan membuncahkan kreatifitas kolektif, beragam gagasan dan sumbedaya dapat diakses dalam waktu singkat.

jika kita lekat dengan ekosistem yang saling kenal & berpadu, idealnya 1 orang + 1 orang bukan = 2, tapi eksponensial 2^2, jika 3 juga bukan total menjadi tiga tapi 3^3 begitu seterusnya. Jejaring yang baik adalah jejaring ekosistem yang saling terhubung didalamnya.

Model yang disampaikan oleh Robert Metcalfe, mungkin ini adalah model yang paling tepat terkait konsep ā€œResourceful Teamā€ dimana timnya menjadi kreatif, selalu dengan mudah mendapatkan jawaban jika Ia ditantang pada sebuah masalah baru. Karena Ia terkoneksi dengan beragam sumbedayanya, dan hadir dikenali dan saling mengenalinya. Ekosistem yang saling kenal dan terhubung maka akan lebih dekat dengan solusi yang dapat beradaptasi dengan kesulitan-kesulitan baru dengan solusi-solusi baru.

Model ini mengambarkan setiap kali kita menambahkan simpul pada jejaringnya maka akan menambahkan konektifitas yang besar. Setiap kali kita menambahkan anggota, maka terjadilah pemambahan jumlah koneksi sebanding dengan kuadrat jumlah penggunanya. Setiap simpul baru yang tergabung, maka tumbuh pula koneksi pada tiap simpul yang ada.

Hubungannya dengan ekosistem yang resourceful, idealnya kondisi ini akan mengarahkan anggotanya untuk dapat berpikir secara kolektif-kreatif. Satu sama lainnya didorong untuk saling kenal potensi & kekuatannta, terbuka atas kolaborasi yang saling memperkaya hingga mudah mendapatkan jalan keluar jika mendapatkan tantangan-tantangan baru.

Timnya dibiasakan untuk mau saling berbagi temuan (Shared-Discovery) hingga membukanya pada hal-hal yang belum diketahui bersama. Hal ini akan membawa tim jadi inovatif, berakibat lebih cepat dengan mendorongnya bahwa setiap orang perlu punya semangat berani berpetualang, menemukan hal-hal baru membawa banyak kebaruan & energi-energi baru yang meletup terus-menerus.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *