Menginisiasi sebuah usaha berbasis inovasi, atau Strat-up memang sebuah perjalanan yang bukan sekedar perubahan mindset. Ia bermula dari keyakinan bahwa temuannya dapat memberikan jawaban dari sebuah masalah atau peluang baik dimasa yang akan datang.

Dalam perjalanannya, justru Ia membawa mindset baru bagi sekelilingnya dan ini lah awal perjuangan panjang meyakinkan sekeliling, bahkan timnya untuk memiliki keyakinan dan mindsetnya yang sama. Belum lagi Ia kemudian perlu banyak menebarkan gagasannya, meyakinkan pihak lain, berargumen dan terkdang dengan berat hati menyesuaikan idealismenya dengan realita demi mewujudkan visinya.

Perjalanan panjang ini cukup terwakilkan oleh serial seru Netflix terbaru, The Playlist. Menggambarkan perjalanan panjang Spotify menjadi sebuah startup yang inovatif.

Rangkaiannya sangat menarik buat yang into sama pergerakan bagaimana membuat usaha yang inovatif bagaimana merangkai perjalanannya

1. Menuangkan Visi
2. Menemukan & meyakinkan industri
3. Memperjuangkan legal standing yang kuat
4. Mengandeng tim Hacker terbaik
5. Mencari mitra yang se visi
6. Merangkul artis & mempercepat influece.

Karena sifatnya adalah Inovasi, maka perjalanan mendifusikannya memang adalah perjalanan yang panjang, Kita perlu punya nyali & konsisten hingga tujuan.
1. Inovasi berawal dari rasa yakin, teknis mewujudkannya akan terurai dalam proses problem solving yang panjang.
2. Inovasi perlu ekosistem, sayangnya ditahap awal sekeliling dipastikan belum bisa menerima cara pandang & berpikir hal baru.
3. Kebaruan, sering kali bertentangan dengan hukum, karena konteks jamannya berbeda. Hukum seringkali tak relevan dengan jaman, apalagi diera VUCA.
4. Tim yang dibangun dengan pendekatan baru, tak ada hierarki & dibangun dengan rasa percaya. Ga semudah itu dalam perjalannya!
5. Puluhan atau ratusan kali akan presentasi depan mitra & gagal, tak usah khawatir, ini jalan belajarnya.
6. Seorang early adopters terkenal luas akan membantu poses difusi inovasi.

Valaupun kita bisa jadi founder atau bagian lainnya, siapkan kepala yang terbuka, keberanian yang dirawat dengan optimisme dan Grit! konsistensi yang kuat sepanjang perjalannnya. #tleecosociopreneur

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *