Era digital membuat perubahan konsumen menjadi-jadi. Tiap ruang jadi punya proses bisnis yang berbeda, cara berjualan juga jadi berubah. Konsep marketing 4P Product, Price, Place, Promotion yang klasik tampak tak lagi bekerja baik di era ini.

Produk jadi Purpose
Bukan sekedar produk yang punya fungsi. Tapi bagaimana produk bisa “Beyond Function”. Karena perilaku konsumen bukan cuma tentang solusi, tapi juga terkait konteks & outcomes yang Ia perlukan🤠

Price jadi Process
Harga murah tak bisa lagi jadi Value Proposition andalan, fokus pada pelayanan konsumen melahirkan proses bisnis yang berbeda. Mendefinisikan kebutuhan konsumen yang tepat jadi hal paling menantang, karena berakibat pada proses pelayanan dengan indikatornya berupa kepuasan, net promoter score (NPS), retensi & umpan balik positif. Memastikan prosesnya memberikan value bagi konsumennya, bukan produsennya🥸

Place jadi Platform
Jika dulu semua perlu strategis, perlu dekat dan infrastruktur bagus berupa bangunan dsb. Saat ini yang paling penting adalah bagaimana bisa konsumen bisa terinfromasikan dan terhubung dengan baik. Ngga apa-apa jauh tapi “Connected” juga “Accessible” maka menjadi penting untuk memainkan channel-channel yang tepat bagi konsumennya bersamaan dengan meramu customer relationnya yang personal😍

Promotion jadi People
Promosi dulu jadi mesinnya marketing, makin banyak iklan makin banyak jualan. Namun saat ini konsumen lebih senang diperlakukan benar-benar personal. Era digital dengan algoritmannya sangat membantu memahami perilaku konsumen dan meramu cara bagaimana “Put People First” menawarkan solusi yang “Relate” dengan kondisinya dan akhirnya menggunakan produk untuk upgrade dirinya lebih baik😎

Memahami proses bisnis baru, jadi fundamental utama dalam mengembangakan kemampuan Digital Mindset agar sukses diera ini. Bagaimana memulainya?
1. Berlatih empati, bukan hanya pada konsumen, tapi pada setiap pelaku ekosistemnya.
2. Definisikan masalah user & value produk, kemudian validasi.
3. Solusi digagas bersama. Uji hipotesanya, jadilah divergen dan buka potensi seluas-luasnya
4. Buat purwarupanya,cari kesalahan lebih cepat & iterasi.
5. Uji sebelum pengembanganya
6. Rayakan!🥳

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *