Jangan lupa cari guru, juga bentuk-bentuk mencari ilmu & mengkontekstualisasikannya. Saat ini banyak individu / tim punya Coach dimana Ia akan berinteraksi untuk membantunya mencapai tujuan pribadi / profesionalnya, gimana sih prosesnya?😎

Proses coaching melibatkan hubungan kolaboratif diantaranya, bertindak sebagai mitra yang mendukung & memfasilitasi pertumbuhannya. Ia menggunakan berbagai teknik & alat untuk membantu coacheenya mengidentifikasi & mencapai tujuannya, meningkatkan kesadaran diri, memperluas wawasan, mengatasi hambatan & mengembangkan potensinya.

✔️Fokus:
Coaching berfokus pada pencapaian tujuan spesifik yang ditetapkan oleh coachee, membantunya mengidentifikasi tujuan, mengembangkan rencana & memberikan dukungan dalam mencapai tujuanya.

✔️Struktur:
Coaching punya struktur lebih formal & terstruktur. Ada proses yang jelas, dengan sesi terencana & tujuan yang ditetapkan.

✔️Dinamika:
Hubungan antara coach & coachee bersifat kolaboratif & setara. Coach bertindak sebagai fasilitator yang membantu kita menemukan solusinya sendiri & mengembangkan potensi mereka.

Ada satu istilah penting dalam Coaching yakni “Partnering with client” di mana coach & coachee bekerja sebagai mitra dalam prosesnya. Hubungannya adalah hubungan kolaboratif, Coach tidak berperan sebagai ahli yang memberikan solusi atau nasihat langsung, tetapi sebagai fasilitator yang membantu klien menemukan pemahaman, perspektif, dan solusi mereka sendiri.

Coach bertindak sebagai pendorong, pendengar aktif & penggerak dalam membantu coachee mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri mereka sendiri, mengidentifikasi tujuan mereka, dan mengambil langkah-langkah menuju pencapaian tujuan tersebut.

Coach akan fokus pada mendengarkan dengan empati, mengajukan pertanyaan yang mendalam & menggunakan teknik refleksi untuk membantu coachee menjelajahi pemikiran, keyakinan, dan perasaannya hingga Ia merasa punya tanggung jawab penuh atas proses coachingnya & merasa didukung serta didorong untuk mencapai tujuan yang mereka tetapkan.

Coach memfasilitasi, memandu coachee mengungkapkan potensi terbaiknya & mencapai hasil yang diinginkan🚀

Udah punya coach blm ni?😘

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *