Seorang dibayar karena Ia bekerja atau menghasilkan sih? Hayoooo..

Jika pertanyaan begini;
✔️Jika seorang guru mengajar muridnya yang tak kunjung membaik dalam penguasaanya, apakah guru ini tetap dibayar?

✔️Jika seorang dokter mengoperasi pasiennya, kemudian pasiennya meninggal dunia, apakah dokter ini masih tetap dibayar?

Dari kedua kasus ini, bisakah kita membedakan mana outcome dan mana yang output?

Kemudian jika kita jawab, apakah jawabnnya?
✔️Jika jawabannya ya tentu berhak dibayar, lalu dia dibayar atas kinerja output atau outcomes-nya kah?

Output dan outcomes adalah dua konsep penting dalam konteks bisnis, program, dan kegiatan. Keduanya merujuk pada hasil yang dihasilkan, tetapi memiliki perbedaan yang signifikan.

Output mengacu pada produk atau layanan yang dihasilkan oleh suatu proses atau kegiatan. Output dapat diukur dalam hal kuantitas, kualitas, dan waktu produksi. Contohnya, output dari sebuah pabrik dapat diukur dalam jumlah unit produk yang dihasilkan per hari.

Sementara itu, outcomes mengacu pada dampak atau perubahan yang dihasilkan oleh produk atau layanan tersebut.

Outcomes dapat diukur dalam hal efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Contohnya, outcome dari sebuah program kesehatan dapat diukur dalam hal penurunan angka kejadian penyakit atau meningkatnya kesehatan masyarakat.

Dalam ringkasannya, Output adalah hasil konkret yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan, sedangkan outcomes mengacu pada dampak atau perubahan yang dihasilkan oleh produk atau layanan tersebut.

✔️Input energi dari kedua hal ini akan sangat berbeda pula, output tercapai jika ada akses terhadap sumberdaya yang diperlukan.

✔️Berbeda dengan outcomes akan tercapai jika setiap individu yang terlibat memiliki energi yang terpancar dari visi yang Ia pahami benar. Dengan energi besarnya itu ia akan mengawal dengan beragam kesungguhan untuk mengawal tuntas hingga karyanya bisa menghasilkan dampak positif kemudian🚀🚀🚀

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *