Setelah Willingness to Innovate, pertanyaan berikutnya adalah The Ability to Innovate! Mau banget berinovasi, tapi seberapa mampu? Punya pemimpin berkualitas & tim dengan rasa komunitas yang tepat memang diperlukan, tetapi ga cukup. Ada beberapa kemampuan khusus yang perlu dikembangkan, ditumbuhkan & dikawal untuk tumbuh. Ada 3 hal penting yang jadi pilar sebuah tim jadi bisa berinovasi, bukan sekedar mau berinovasi!

✔️Creative Abrasion:
Ini adalah kemampuan meramu beragam ide berbeda. Mampu memanfaatkan fakta bahwa solusi inovatif biasanya muncul ketika ide-ide yang muncul karena beragam bahkan bertentangan. Organisasi inovatif justru mampu menyatukan perspektif beragam & keahlian yang luas. menciptakan dialog yang menghasilkan kumpulan ide yang menawarkan berbagai pendekatan yang kemudian memungkinkannya menjadi hibrida yang lahir dari berbagai sudut pandang yang dirangkul & mengelola sejumlah paradoks yang tak punya “jawaban yang benar” hingga disesuaikann secara terus-menerus.

✔️Creative Agility:
Ketangkasan ini diperlukan untuk bisa mengembangkan & menguji pilihan-pilihan berbeda, belajar dari hasil & mau selalu mencoba lagi. Tim perlu menahan dari ketergesaan dalam menghilangkan ide-ide/opsi-opsi yang timbul. Ketangkasan kreatif ini mengandalkan refleksi, tapi basisnya menggunakan data untuk mengevaluasinya & mengungkap kemungkinan-kemungkinan baru.

✔️Creative Resolution:
Kemampuan tim untuk menyatukan semua kelompok pembelajaran – bahkan ide-ide yang pernah dianggap saling eksklusif sekalipun. Pada organisasi tradisional pengambilan keputusan sering diputuskan sebagai keharusan memilih antara “A” / “B”, padahal pada organisasi inovatif tidak bisa terjebak dengan pola pikir biner ini. Ia harus mampu melampaui pola pikir biner & mengintegrasikan aspek, sudut pandang, meramu & memetakan banyak solusi yang mungkin untuk menciptakan hasil yang unggul & berhasil dalam jangka pendek & panjang.

Jika dibaca memang mudah ya! tapi dalam pelaksanaannya memang kerap kali menimbulkan beberapa hal paradoks yang memungkinkan terjadinya kegagalan penguasaan keterampilan inovasi & atau proses inovasinya jadi berjalan lamban. Berikutnya, kita bahas ya!🚀🚀

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *