Memang mudah berkata “Yok kita kolaborasi!”, Yok kita berinovasi!” Yuk bisa Yuk! Pada kenyataannya beragam paradoks muncul & perlu dikelola terutama gesekan pandangan pribadi & organisasinya tempat Ia bernaung

Paradox adalah sebuah situasi atau pernyataan yang bertentangan dengan logika atau intuisi umum. Ia bisa muncul ketika ada dua ide atau gagasan yang terlihat benar secara terpisah, tetapi ketika digabungkan, mereka menghasilkan hasil yang tidak masuk akal atau bertentangan dengan harapan.

Paradox sering kali merupakan sumber perdebatan, karena dapat memunculkan pertanyaan tentang sifat dasar realitas atau ketidakmungkinan sebuah situasi.

The Paradoxes of Collaboration adalah serangkaian paradoks yang menggambarkan tantangan dan kontradiksi yang muncul dalam kolaborasi antara individu atau kelompok yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama.

Konsep ini menyatakan bahwa terdapat beberapa paradoks yang harus dihadapi dan diselesaikan ketika melakukan kolaborasi. Beberapa paradoks tersebut antara lain:

1. Paradoks kepercayaan🥳
Untuk dapat bekerja sama secara efektif, individu atau kelompok harus saling mempercayai, namun kepercayaan tersebut hanya dapat dibangun melalui interaksi & waktu yang cukup.

2. Paradoks otonomi🔑
Individu atau kelompok harus memiliki otonomi dalam membuat keputusan & bertindak, namun juga harus mengikuti aturan dan tujuan bersama.

3. Paradoks keterbukaanğŸŽ¤
Individu atau kelompok harus terbuka untuk berbagi informasi dan pandangan mereka, namun juga harus merahasiakan informasi yang sensitif dan mempertahankan privasi.

4. Paradoks sumber daya💰
Kolaborasi memerlukan sumber daya yang cukup untuk berhasil, namun juga membagi sumber daya yang terbatas & menyeimbangkan kebutuhan masing-masing individu atau kelompok.

5. Paradoks identitas🤔
Individu atau kelompok harus mempertahankan identitas dan kepentingan mereka sendiri, namun juga harus mengidentifikasi dan mengintegrasikan kepentingan bersama.

Paradoks ini menggambarkan bahwa kolaborasi yang sukses perlu keseimbangan yang tepat antara kepentingan individu & tujuan bersama & kemampuan untuk mengatasi kontradiksi & tantangan yang muncul selama proses kolaborasiğŸŽ¯

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *