Perjalanan pembelajaran dalam sebuah institusi pendidkan memang idealnya menghasilkan proses trasnformasi diri bagi para pembelajarnya. Jadi wadah yang sistematis meningkatkan kapasitas diri, kekuatan berpikir & imajinasinya secara eksponensial. Namun, institusi pendidikan jadi sering terjebak dengan rutinitas, bekerja keras untuk mencapai output tertentu bagi siswa-siswinya ketimbang memastikan ekosistem belajarnya jadi wadah yang terbaik bagi anak-anak didik melakukan transformasi dirinya.

Padahal, pendidikan punya peranan penting dalam memutus kemiskinan. bukan sekedar jadi pabrikan masal meluluskan siswa-siswinya & memberikannya tanda Ia berpengetahuan mereka berikan dengan sehelai ijazah & atau keberhasilannya yang diukur dari ketepatannya lulus tepat waktu atau tidak, perkara Ia kemudian jadi apa & apakah Ia punya mimpi besar, tak peduli juga, yang penting lulus & bernilai baik.

Banyak mahasiswa bertanya, “Pak baiknya saya lanjut kemana?” Saya tentu menyarankan, jika melanjutkan pendidikan tidak hanya melihat dari apa saya yang akan dipelajari. Tapi juga lihat dengan seksama, apakah kampusnya punya ekosistem yang baik, matang & terhubung. Juga mau memastikan kelas-kelas pengetahuan & ekosistem pengajarannya memberikan ruang belajar dalam mengubah hidup para peserta didiknya.

Sekolah bukan hanya belajar per mata kuliah, tapi Ia harus hidup dalam ekosistem yang baik, lembaga penyelenggaranya berkomitmen menjadikan lembaganya sebagai organisasi pembelajar. Wadahnya memperkenankan tumbuhnya saling keterkaitan, akses, komunikasi, kolaborasi dan beragam proses saling mutual dala, mencipta wadah belajar perbesaran dampak.

Pastikan bersekolah dimana kampusnya juga paham bagaimana memberikan contoh sebagai organsasi pembelajar, jadi tempat belajar terbaik mengembangkan mindset, nilai & budaya karena, hal-hal yang tak mungkin jadi sejumlah sks karena Ia dilakukan dalam kesehariannya dalam wadah transformatifnya.

Jangan hanya sekedar berpendidikan, karena yang terdidik belum tentu kemudian jadi pembelajar, agar Ia tetap relevan dengan jaman& kondisinya, mau jadi pembelajar sepanjang hayat❤️

Terimakasih @upnveteranjakarta sesi quality dialognya🤩

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *