Jangan lupa untuk visualisasikan mimpi usaha kita dengan jelas. Imajinasi ini menjadi penting karena akan menuntun kita untuk mencapai tujuan yang diidam-idamkan. Kita sering mengenalnya dengan nama Visi. Visi tak perlu ditempelkan di dinding besar-besar, atau di laman website usaha kita, yang lebih penting justru pada bagaimana visi ini jadi imajinasi yang mendorong energi kita melangkah dengan kebahagiaan dan antusiasme yang menggebu-gebu.

Tapi kemudian dalam perjalannnya, kita perlu hati-hati jika mimpi ini kemudian menjadi beban dikemudian hari, bagi pendiri dan timnya. Idealnya, mimpi yang tervisualisasikan itu tetap menjadi energi pendorong perubahan, bukan kemudian tak terasa berubah sedikit demi sedikit menjadi beban.

Jika mimpi dan imajinasi masa depan kita dalam perjalanannya kemudian jadi beban, membuat kita lelah dan menguras energi, artinya ada yang kurang tepat dalam proses memelihara mimpinya, ada yang keliru juga dalam menurunkannya menjadi strategi-strategi kecilnya. Menjadi penting memahami bahwa imajinasi ini, pada saat ini bersifat imajiner, sesuai dengan namanya “imajinasi” Ia akan terwujud secara bertahap, jangan lupakan bahwa Ia akan dicapai dalam jangka waktu tertentu di depan.

Kelelahan akan sangat mungkin terjadi jika ternyata dalam perjalannnya kita tak sadar menyeret mimpi kita jadi lebih cepat & memaksanya hadir segera. Konsistensi sebenarnya adalah kunci utama, lebih lanjut kita bisa mengurai konsistensi dalam 6 spektrum, kira-kira seperti ini;

1. Urai mimpi dalam horison waktu
2. Tinggikan perspektifnya, hingga tau cara memandangnya dari atas
3. Luaskan pengetahuannya, baca referensinyam cari tau ilmu, pengetahuan dan ketermpilannya
4. Mantapkan kekuatan jejaringnya, resourcefulness-nya, intensifkan obrolan-obrolannya dengan banyak pihak
5. Dalamkan wisdomya, banyak filosofi dasar dan hikmah dari setiap langkah yang perlu ditempuh.
6. Belajar sejarahnya, hingga kita bisa belajar big why-nya

Jangan sampai mimpi berubah menjadi beban, tapi sebenarnya yang lebih ditakutkan adala ketika usaha, bahkan hidup tak punya mimpi.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *