Fokus pada solusi yaaa! Mengapa fokus ini sulit sekali dilakukan? Sering kita menghabiskan energi justru pada masalah, karena masalah itu nyata terlihat di depan mata, terasa langsung dan berdampak seketika Ia mengalaminya.

Menggeser perhatian kita dari masalah ke solusi memang sering lebih sulit dilakukan karena solusi sifatnya masih imajiner, berupa gambaran yang belum nyata serta perlu proses yang ditekuni untuk mewujudkannya.

Jadi, mengapa kita penting untuk kita bergeser dari Problem Focused (Problem-oriented Thinking) ke Solution Focused (Solution-oriented Thinking)? Jika fokus pada masalah, energi akan terfokus pada “mengapa” & “apa” yang sebenarnya terjadi. Dari proses berpikir kritis ini biasanya akan menghasilkan “Formulasi Masalah”

Sedangkan Solution Oriented memiliki fokus pada bagaimana membangun strategi kreatif dengan kata kunci yang ditekankan berupa “Bagaimana caranya?” Dari sini biasnya berupa hasil berupa “Solusi Bagi Masalahnya.

Keduanya penting, namun yang menarik adalah bagaimana energi keduanya ini bisa mencuat sangat berbeda. Perilaku untuk fokus pada solusi mendorong setiap individu dalam tim untuk menguatkan keterampilan kepemimpinannya yang lebih natural, punya keyakinan, tau apa yang ingin dilakukan, ekspresif, passionate, punya rasa ingin tau, prospektif, punya preferensi yang kuat.

Lebih lanjut mengapa Solution Focused punya energi positf karena dalam prosesnya lebih energik, antusias dan banyak mengundang spontanitas kreatif yang mencuat. Solution Focused merupakan pendekatan yang menitikberatkan pada outcomes yang diinginkan dari pada perhatian pada masalahnya.

Dengan berorientasi pada outcomes, sebuah tim akan lebih baik diposisikan agar Ia menghasilkan solusi yang kreatif, inovatif & efektif innovative.Pendekatan yang solutions-oriented memberikan ruang kerja yang lebih fleksibiltas, mengarah pada visi masa depan. Biasanya proses justru akan menimbulkan banyak rasa keingintahuan & hal positif.

“Solution-focused practice concentrates on helping people move towards the future that they want & to learn what can be done differently by using their existing skills, strategies & ideas – rather than focusing on the problem”

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *