Helicopter, helicopter…
Bukan lagu Fazlija, Lagu yang lagi viral di TikTok yaa

Kita ngobrolin istilah helicopter view, istilah yang merepresentasikan tentang cara melihat seluruh sistem dari berbagai aspek (tidak terpaku dalam 1 aspek) sehingga dapat menghasilkan keputusan terbaik untuk masalah pada sistem tersebut.

Tentang bisnis, memang ngga cuma produk, tapi banyak hal yang menjadi penting untuk jadi bahan pembelajaran bagaimana bisnis dapat dikuasai. Mengakuisis beragam keterampilan mesti jadi target.

Salah satu yang penting adalah kemampuan menganalisa dari multi sudut pandang menjadi penting. Apalagi menjalankan usaha yang perlu dipastikan keberlanjutannya.

Kemampuan menganalisa secara komprehensif memang perlu waktu, memahami ke-empat sudut model bisnis misalnya. Perlahan membenahi cara memahami hal-hal yang lebih kompleks dari sekedar produk, tapi juga tentang tren, pasar, kondisi makro hingga kontelasi industri.

Ada hal yang bisa mempercepat proses akuisisi pengetahuan dan keterampilan. Yakni berdiskusi dan belajar bersama tentang hal ini, nah sekarang tiba saatnya kita belajar bareng lagi sambil beramal!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *