Namanya juga dunia kreatif, pasti penuh dengan dinamika! Bahasa lain dinamika adalah ruwet!🤣

Kerumitan memang selalu jadi bagian awal dari proses inovasi karena tantangan dan kompleksitas suatu masalah malah akan mendorong tim untuk berpikir kreatif, mencari solusi baru, dan mengembangkan pendekatan inovatif.

Kala tim menghadapi situasi yang rumit, justru berkah bagi mereka karena cenderung merangkul pemikiran berbeda dan mencari cara baru untuk mengatasi hambatan. Yang sabar yaa!

Hanya saja, memang perlu kita kembangkan kemampuan untuk menjadi responsif dan meningkatkan keterampilan mengembangkan budaya inovatif timnya untuk belajar hal-hal sbb;

✔️Jangan bangun barier! Fasilitasi komunikasi terbuka: Mendorong anggota tim untuk berbagi ide-ide mereka tanpa takut dikritik, sehingga suasana terbuka dan kolaboratif dapat tercipta.

✔️Salah-salah dikit ga papa, Beri kebebasan eksplorasi: Berikan ruang bagi anggota tim untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan berbeda, bahkan jika awalnya terlihat tidak konvensional.

✔️Beranikan buat eksperimen: Galang kebiasaan menguji gagasan dan melakukan eksperimen biar paham apa yang berhasil & yang engga.

✔️ Gagal itu wajar, terima aja dulu, bagian dari proses: gagal biasanya jadi peluang buat belajar & memperbaiki lagi.

✔️ Inovasi sangat erat dengan inklusivitas: Perlu ditumbuhkan jika anggota tim merasa didengar & diberi wadah bermainnya.

✔️Beri penghargaan & insentif buat ide-ide inovatif yang berhasil diimplementasikan.

✔️ inovasi sebagai nilai inti: jadikan inovasi sebagai bagian dari identitas tim & usaha kamu, sehingga menjadi fokus utama dalam berbagai kegiatan.

✔️Berbagi pengetahuan: Saling berbagi pengetahuan & pengalaman bisa mendorong tim untuk saling menginspirasi & tumbuh kembang bersama.

Jika kita komit mencipta lingkungan yang mendukung kreativitas, toleransi terhadap kerumitan2 ini, & melatih sikap terbuka terhadap ide-ide baru, perlahan tim bisa mengembangkan respon & budaya inovatif yang memacu kesuksesan kita dalam menghadapi berbagai tantangan.

Ruwet2 sedikit lama-lama jadi banyak! Tapi ya pusing juga sih😁 boleh bgt pause dulu, gas kemudian🤣

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *