Mendirikan bisnis bagi sebagian besar orang adalah impian yang diidam-idamkan. Bisnis tak lepas juga dari Badan Hukumnya. Badan hukum ini adalah legalitas dari entitas organisasi yang Ia dirikan. Entitas berupa wadah Ia mengarungi lautan mimpinya, menuju tujuan yang Ia idamkan. Walau saat ini, entitas ini dapat dengan mudah didirikan walau seroang diri, namun dalam perjalanannya biasanya akan banyak menemukan banyak anggota tim yang terlibat kemudian bersama-sama mendayung kapan secara konsisten menuju titik cita-citanya.

Banyak bentuk badan usaha yang bisa dipilih, bisa PT, CV, Koperasi, Bumdes dan banyak lagi. Memilih bentuk ini layaknya seperti memilih kendaraan yang tepat. Strateginya disesuaikan dengan apa yang akan dituju, jangan sampai salah memilih bentuknya. Memilih bentuknya akan membantu mengakselerasi pencapaian visinya dikemudian waktu.

P.T. salah satu yang jadi favorit buat yang sedang mendirikan bisnis. Walau semaakin mudah mengurusnya ada ada hal yang sering kita lupakan adalah kulturnya yang perlu dibangun secara baik. Banyak juga kejadian kesepakatan para Founders buat usaha profesional tapi kandas karena kulturnya tak dibangun dan masih terjebak dengan kultur individualis. Apalagi usaha dengan tim, “”No one can whistle a symphony. It takes a whole orchestra to play it.” – H.E. Luccock”

Membangun kultur profesional menjadi hal penting, beberapa contoh sederhananya dilakukan dengan cara.

1) Memastikan pengelolaan keuangannya terpisah dengan individunya,
2) Dalam mengambil keputusan memastikan sadar penuh bahwa kita ini tim! ada organisasi yang mekanismenya jalan bersama.
3) Karena ini entitas legal, maka ada konsekwensi hukum & administrasi yang perlu ditaati.
4) Ada kultur usaha yang perlu dibangun seiring sejalan dengan sehat, coba bayangkan mendayung perahu tapi tiap orang berbeda arah dan tak konsisten, bagaimana lajunya perahu tsb?

Wadah dibentuk jadi entitas baru yang perlu dihidupkan, didalamnya dipastikan setiap orang untuk saling konsisten mendayungnya secara sinergis, saling kuatan dan mengatur energinya agar kita bisa sampai tujuan.

Gimana perahu kamu, aman?

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *