Sehelai kertas buram saya corat-coret pagi tadi, bersama kawan-kawan belajar terkait zona nyaman & aman. Titik dimana sering kali kita merasa tanpa masalah, tantangan & merasa baik-baik saja. Apalagi jika kita berada pada sebuah titik dimana baru saja menerima rekognisi pencapaian tertentu yang kemudian membuat kita terjebak dengan keadaan yang tak memiliki urgensi masalah & tak ada yang perlu dilakukan. Tampaknya kita baik-baik saja.

Tantangan utama dalam menantang diri sendiri atau organisasi adalah mengamini kita punya masalah (baca; tantangan) karena sering kali memang kita kesulitan mendefinisikan apa masalah kita, apalagi jika berkaca bahwa organisasi kita selama ini baik-baik saja, aman-aman saja apalagi jika punya nama besar.

Mampu merumuskan Problem Statement kemudian memvalidasinya sesungguhnya adalah pintu masuk inovasi. Namun, bagaimana mungkin kita bisa melahirkan inovasi jika kita tak bisa mengenali tantangan, menganggap baik-baik saja tak bisa baca peluang?

Ada satu tips yang sering kali kami bahas, terkait bagaimana caranya kita tau tau bahwa ada tantangan dalam organisasi kita.
1. Buat titik yang menandakan keberadaan kita saat ini dan segala pencapaiannya. Anggap saja ini zona nyaman yang sering membuat kita bahagia.
2. Tarik garis lurus ke kanan, sepanjang waktu di masa depan. Misalkan 5 atau 10 tahun ke depan.
3. Imajinasikan, apa yang akan terjadi dimasa depan jika kita melakukan hal yang sama dari waktu ke waktu. Apakah kita akan pada kondisi yang sama. Ada di titik mana kita nanti, akankah garis ini tetap lurus, menurun atau melesat?

Menarik garis waktu ke masa depan dengan cara-cara yang kita lakukan saat ini akan membawa pada pemikiran “apakah cara ini akan relevan di masa datang & mendatangkan kemajuan?” Kondisi saat ini & menyandingkannya dengan waktu di masa datang akan menggambarkan kesenjangan sebagai “Problem Statement” yang kuat,

Kerap kali kita lupa menarik garis waktu, hingga lupa ada urgensi untuk melakukan intervensi agar bisa tetap relevan, membuat lompatan-lompatan baru & membawa dinamikanya tetap menjadi bagian eksplorasi yang membawa kebahagiaan.

Saatnya tarik garis waktunya kedepan & tantangan itu nyata!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *