Ekosistem ini bagi kami adalah tempat yang menyenangkan berbicara terkait mimpi, salah satu perangkat membumikan gagasan adalah Design Thinking (DT).

Jauh sebelum mengenal DT, saya diajarkan terkait Visioning sebagai tahapan penting dalam melakukan sesuatu. Kala itu Dosen pembibing saya di Teknik Industri ITB, tahun 2004 Bapak Gatot Yudoko mengemukakan betapa pentingnya kekuatan Visi dari sebuah kebijakan yang ingin dilaksanakan.

Seiring waktu, mengenal DT yang berorientasi user & diperuntukkan bagi pengembangan produk. Sejalan dengan itu, justru saya sering kali dipertemukan dengan cita-cita masa depan yang sukar bagi orang-orang lain membayangkannya.

Vision First-Design Thinking, ternyata membantu membumikan imajinasi agar bisa masuk akal. Hal ini juga dilakukan banyak StartUp teknologi seperti iPhone yang mengenalkan cara baru berkomunikasi, Uber dengan cara baru betransportasi, atau Tesla yang menginspirasi solusi energi dari science-fiction.

Dengan memvisualisasikan mimpi masa depan kemudian memvalidasinya dengan temuan-temuan baru, sebuah tim dapat meracik sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya. Hal ini secara pribadi sering kali kami lakukan terutama dalam meracik kurikulum-kurikulum pendidikan atau produk bagi proses transformasi organisasi.

Sangat menarik kemudian membicarakan Vision First – Design Thinking, agak beda dengan yang biasa kita lakukan dengan pendekatan User First – Design Thinking. Kira-kira begini urutannya;

1. Petakan Big Picture-nya.
2. Petakan masalah yang menjadi kendala dalam mewujudkan mimpi tsb.
3. Cari ragam potensi solusi dengan membuka peluang secara divergen.
4. Racik gagasan dalam produk solusi dan mengujicobanya (MVP).
5. Uji berulang hingga mencapai outcomesnya
6. Validasi bersama konsumennya apa memecahkan masalahnya.
7. Pastikan struktur tim cross-functional collaboration
8. Buat peta jalan, untuk menunjukkan skala ekonominya
9. Rawat dengan umpan balik & skilus ujinya.

Tahapan ini perlu kaya dengan komunikasi & perbincangan tim dengan konsumennya. “Without those conversations, they are designing in a bubble”-Banfield, 2017.

Coba deh Vision First – Design Thinking buat membumikan mimpi-mimpi kamu!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *