Contribution Is the New Career

Di tengah minimnya lapangan pekerjaan dan banyaknya lulusan yang tidak terserap industri, kita menghadapi krisis orientasi pendidikan. Sekolah dan kuliah masih dianggap sebagai jalur untuk mendapat pekerjaan, bukan sebagai proses untuk membentuk manusia yang siap berkontribusi. Padahal, banyak jenis industri telah berubah atau bahkan hilang. Jika pendidikan terus dijalankan untuk mengejar “kerja”, bukan “kontribusi”, maka kita sedang membangun harapan yang salah.

Pemikiran Amartya Sen lewat Capability Approach menegaskan bahwa pembangunan sejati adalah soal memperluas kemampuan seseorang untuk menjalani hidup yang ia anggap bermakna. Pendidikan seharusnya membekali kemampuan itu, bukan sekadar menjadikan lulusan “layak kerja”, tetapi mampu menciptakan dampak. Lulusan yang punya orientasi kontribusi akan lebih tahan terhadap perubahan, karena mereka bukan sekadar menunggu peluang, tapi menciptakannya.

Dalam Self-Determination Theory (Deci & Ryan), manusia tumbuh sehat ketika merasa punya otonomi, kompetensi, dan koneksi. Kontribusi memenuhi ketiganya, kita memilihnya secara sadar, merasa mampu saat melakukannya, dan merasa terhubung dengan orang lain. Berbeda dengan sekadar mengejar kerja, kontribusi melahirkan healthy urgency, dorongan yang tumbuh dari niat untuk memberi manfaat, bukan tekanan untuk bertahan hidup.

Inilah arah baru pendidikan, sebagaimana tercermin dalam Purpose Economy dan kerangka 21st Century Skills. Fokusnya bukan sekadar kecakapan kerja, tapi kesadaran akan tanggung jawab sosial. Tugas pendidik kini adalah membentuk mindset kontribusi sejak awal, melalui kurikulum, asesmen, dan interaksi harian, agar siswa tidak hanya siap bekerja tetapi siap memberi dampak. Karena pendidikan sejati bukan mencetak pekerja, tapi membentuk manusia yang bermanfaat❤️

Inframe ; @alyahst salah satu mahasiswa dengan Detail Proses Design Thinking terbaik!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *