Belajar jualan memang Peer, keterampilan penting memonetisasi untuk memastikan organisasi berjalan. Sederhananya ini adalah proses mengubah sesuatu agar dapat menjadi penghasilan. ā£
ā£
Monetisasi kerap tak mudah dipahami karena sering kali tak jadi urgensi, dalam keseharian tak handsā€‘on belajarnya, atau karena kultur kerja melakukan hal yang sama sepanjang waktu, bekerja silo sendiriā€‘sendiri tak melihat Helicopter View bahwa proses monetisasi adalah sebuah rantai yang tak bisa terputus pada satu bagian.ā£
ā£

Bagi para wirausaha & timnya, monetisasi perlu sungguhā€‘sungguh bisa terasa & mendarah daging dalam tiap aktivitasnya bersama tim. Karena ini jadi darah segar yang selalu berjalan dipompa bagi kehidupan usahanya. Kehilanganya maka tinggal tunggu kematiannya. Proses monetisasi paling mudah memang dengan Marketing Funnel. Bahwa jualan itu melalui proses, dari hulu ke hilir. Biasanya dibagi menjadi 3 / 4 tahap, yakni:ā£
ā£
Top of the Funnel (TOFU)ā£
ā€‘ Proses menjangkau audiens baruā£
Middle of the Funnel (MOFU)ā£
ā€‘ Proses membangun kesadaranā£
Bottom of the Funnel (BOFU)ā£
ā€‘ Proses konversi jadi pembelianā£
Evangelistā£
ā€‘ Proses mengembangkan loyalitasā£
ā£
Tahap paling sering terlupakan adalah merangkaikannya jadi sebuah kesatuan proses. Apalagi dengan tahap Evangelist, mengembangkan loyalitas setelah mereka membelinya! Pada tahap ini justru tahap paling krusial, bebapa tips untuk mengisi tahap ini adalah dengan mengisinya dengan;ā£
ā£
1. Ada feedback antara penjualan dan pemasaran tentang kualitas TOFUā£
2. Cari & Pahami alasan utama orang tidak membeli / membeliā£
4. Proses ke MOFU & BOFU harus mulus & menarikā£
5. Coba ulik Net Promoter Score (NPS) untuk mensegmentasikan pelanggan & berkomunikasi sesuai segmennyaā£
6. Carilah peluang upsell yang masuk akalā£
7. Dorong studi kasus dan testimonial di antara para loyalisā£
8. Lanjutkan pengujian sebanyak mungkinā£
ā£
Nah setelah kita belajar funneling, sesungguhnya ada hal penting saat ini dalam bentuk Flywheel! tak jauh beda dengan Funnel, hanya saja, Flywheel menekankan pada Customer Centricity, juga berputar tak putus untuk selalu melakukan perbaikan dan terjaga keberlanjutannya.ā£
ā£
Selamat belajar!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *