Perjalanan panjang membangun pendidikan berkualitas. Mutu pendidikan seyogyanya tercermin dari perilaku individunya. Pendidikan pun tak bisa hanya dibebankan pada lembaga formal. ā£
ā£
Memadukan pendidikan dalam lingkungan keluarga di rumah, guru di sekolah formal, komunitas di lingkungannya, & teman sebaya adalah PR penting agar ekosistem pendidikan jadi ideal. ā£
ā£
Pengetahuan, keterampilan & perilaku jadi kesatuan yang tak bisa lepas, sayangnya masih banyak yang hanya fokus pada satu hal saja. Ada yang berpengetahuan namun tak berketerampilan, hingga ia terjebak teori. Ada yang berketerampilan tapi enggan merujuk pengetahuan, hingga kerap mengenyampikan pengetahuan yang membantunya berkaselerasi. Atau berpengatahuan & berketerampilan tapi tak paham arti berperilaku yang tepat.ā£
ā£
Dalam The OECD Learning Framework 2030: diingatkan kembali, komponenā€‘komponen pendidikan yang perlu disinergikan, tak bisa sendiriā€‘sendiri.ā£
ā£
ā€œThe concept of competency implies more than just the acquisition of knowledge and skills; it involves the mobilisationā£ of knowledge, skills, attitudes and values to meet complex demandsā€ā£
ā£
1. Pengetahuan; Terkait bidang ilmu, keterpaduan antarā€‘keilmuan, epistemologi (kemampuan menghubungkan sesuatu dengan keilmuan) & halā€‘hal prosedural.ā£
ā£
2. Keterampilan; kemampuan Kognitif (proses mental yang meliputi memori, perhatian, produksi & pemahaman bahasa, penalaran, pembelajaran, pemecahan masalah & pengambilan keputusan.ā£
ā£
3. Metakognitif, tentang pemikiran. mengacu pada proses untuk merencanakan, memantau & menilai pemahaman & kinerja seseorang, kesadaran kritis tentang a) pemikiran & pembelajaran b) diri sendiri sebagai pemikir & pembelajar. ā£
ā£
Keterampilan lain yang perlu juga terkait keterampilan sosial emosioal, fisik & praktikal. Mengembangkan perilaku personal, memahami konteks. Societal (relasi sosial) & memahami konektivitas & kontekstual global.ā£
ā£
ā€œStudents who are best prepared for the future are change agents. They can have a positive impact on their surroundings,ā£ influence the future, understand others’ intentions, actions & feelings, & anticipate the short & longā€‘termā£ consequences of what they do”

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *