Kantor sepi! sudah biasa pada beragam perkantoran besar saat ini, namun bukan berarti Ia tak produktif. Sepi karena timnya tersebar & tekoneksi satu sama lainnya dengan saluran-saluran digitalnya. Anggota timnya pun produktif menghasilkan beragam inisiatif, mengeksplorasi beragam cara baru untuk bisa menghasilkan sebuah produk dengan Definition of success yang disepakati, kami namakan sebagai key results🎸

Inisiatif ini digagas berdasarkan harapan apa yang ingin dicapai, dikomunikasikan dengan baik, ditulis & dipetakan prioritasnya, di review hasilnya, diretrospektifkan cara & budaya kerjanya, merepetisinya hingga memiliki formulasi terbaik dalam bekerja, menghasilkan & bergerak eksponensial kemudian setelah mendapatkan pola kerjanya🚀


Sebuah cerita sering saya utarakan didalam forum-forum untuk memastikan bisa membedakan Output & Outcomes. Digambarkan 2 orang Dokter digambarkan baru saja menyelesaikan operasi pasiennya yang berhasil dilaksanakan. Salah satu Dokter mengungkapkan “Excellent suegery! Well done!. Dokter yang lainnya berkata:” Thanks! Pity! The patient died. Dalam percakapan ini mengandung dua hal terkait 1) Output; operasinya berlangsung baik, 2) Outcomes; pasiennya meninggal (Outcome tak tercapai)😎

Pertanyaan berikutnya, apakah Dokter yang sudah bertugas tsb wajib dibayar? Jawabannya sudah pasti tentu dibayar terlepas pasiennya meninggal / tidak. Jika dalam konteks tim bisnis, setiap anggota penting menyadari bahwa setiap individunya bisa bekerja & menghasilkan outcomes, paham bahwa bukan sekedar bekerja keras tapi tak jua menghasilkan🎸

Dalam instansi konvensional, anggota tim dibayar jika ia terlihat bekerja, namun usaha modern akan mengitung berdasarkan hasil, bisa jadi ia tak pernah terlihat secara fisik tapi produktif menghasilkan hasil, ia pun dibayar sesuai hasilnya. Pastikan bahwa setiap anggota bekerja menghasilkan outcomes, berikan juga ruang inisiatif & kolaboratifnya agar kreatifitasnya berkembang, hingga timnya jadi sehat & menyenangkan. Dalam perusahaan modern biasanya tak menggunakan lagi frasa “to do list” tapi “initiative & result” hingga setiap orang tau apa yang perlu dihasilkannya dengan cara kerjanya bebas berkreasi.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *