Bikin tim kamu lebih agile, gimana caranya? apa aja pilar-pilarnya?

Coba deh kamu bicarakan dan petakan kembali tim kamu, apa sebenarnya tujuan usaha bersama kita, apa yang yang menjadi kunci perubahannya, apa saja yang bisa jadi energi pada setiap langkahnya, apa yang bikin kamu dan tim punya alasan untuk bersua dan bersama mengarungi dinamikanya, bagaimana kita bisa melakukan proses secara inklusif dan merasakan bahwa tim ini bisa saling menguatkan, serta apa yang sesungguhnya kita perlu pahami dalam dalam konteks saat ini?

Yuk kita kupas satu-satu 😀

1. Tujuan;
Tujuan utama tentunya adalah bagaimana kita melahirkan Innovation & Efficiency menuju ultimate goals kita bersama.
Keberhasilan di era perubahan artinya mampu beradaptasi dengan berinovasi & melakukan hal-hal baru. Menjadi lebih efisien dengan sumberdayanya yang menipis.

2. Kunci: 
Ada banyak dinamika, maka kuncinya adalah Communication & Knowledge.
Komunikasi adalah memahami dengan proses interaktif dalam membangun realita yang baru. Pengetahuannya dibangun melalui pengalaman pribadi & interaksinya.

3. Energi: 
Energi terbaik adalah menumbuhkan kemampuan Entrepreneurship & Proactivity tim kita. Perlu waktu yaa, ga usah buru;)

Di era ketidakpastian, memang lebih beresiko jika tak melakukan apa-apa dari pada melangkah walau salah arah. Proactivity, adalah inisiatif & eskperimen yang akan menjaga pergerakan agar terus beradaptasi.

4. Magnet: 
Bagaimanapun membangun “Teamwork & Commitment” adalah magnet terbaik, pastikan keterlibatan tim & fokus pada prioritas utama.

5. Pendekatan: 
Ngga semua dikerjakan & diinisiasi pemimpin, maka pola Distributed Leadership & Coordination menjadi cara & budaya terbaik! Kepemimpinan yang terdistribusikan jadi penting untuk menciptakan kondisi yang tepat untuk munculnya inisiatif-inisiatif baru!

6. Kerangka Kerja: 
Kerja di era perubahan, mesti paham bahwa era ini penuh Complexity & Uncertainty, memahami proses bisnisnya menjadi hal penting. Masyarakat global yang saling terhubung & saling ketergantungan berakibat pada pengelolaan yang kompleks menjadi perhatian utama kita.

Gimana? Makin pusing yaa🤣🤣 Bismillah kita melompat!🚀

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *