Mengutip sebuah catatan seorang tokoh, “Dibutuhkan orang yang berbeda untuk memahami ilmu (sains, science), teknologi (engineering) dan bisnis. Sayangnya jarang mendapatkan orang yang memahami cara pandang dari ketiganya. Kebanyakan hanya salah satu sudut pandang saja dan kemudian merasakan paling benar. Sepi dan sukar mendapatkan lawan bicara yang paham maksud saya, – Budi Rahardjo, 2021

Merancang kurikulum yang relevan, membuahkan learning journey yang menantang & menarik selalu menjadi passion terdalam. Dalam merancangnya, perlu dipastikan relevansinya dengam kebutuhan jaman & masa depan. Dinamikanya juga bukan hal mudah, banyak barier tebal berlapis dari mulai birokrasi, aturan, standar, cara pandang yang berbeda, hingga bagaimana menuangkannya agar benar-benar menjamin para pembelajar lulus bukan dengan sekedar bergelar, tapi justru fundamental utama karakter yang kuat cendekia handal.

Tantangan masa depan penting dijawab dengan pola & sistem pendidikan yang relevan. Penerapannya kerap kali menjadi pelik dalam karena tantangannya adalah bagaimana melahirkan lulusan-lulusan yang mampu berperan, hingga kebutuhan masa depan penguasaan keilmuan menjadi menyangkut multi aspek, baik itu teknologi, ekonomi, industri, sosial bahkan business-sense-nya.

Apalagi, era digital, membawa jaman & komunitasnya punya wahana multilayers yang saling berkaitan.
Merancang proses pendidikan yang memastikan para pembelajarnya ;

1. Mendapatkan cara baru dalam memperoleh keahlian dalam keilmuannya,
2. Mendapatkan kontekstualisasi dalam penerapan risetnya,
3. Memastikan pencapaian penguasaan teknologi dengan kemampuan busines—sesnse yang relevan.
4. Memastikan pembelajar terhubung dengan ekosistem inovatif, terhubung dengan teknologi, industri dan bisnis kreatif yang akan menjadi pilar penting keberlanjutan ilmu yang diperolehnya

Merancang pembelajaran berkualitas agar pembelajarnya bukan hanya kompeten tapi paham teknologi, punya orientasi user & business outcomes, paham model bisnis & eskosistemnya & lulus dengan energi & pemahamannya agar punya kapabilitas untuk berdampak dampak bagi masyarakat . Tetap melangkah untuk kemajuan Pendidikan di Bumi Pertiwi.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *