Satu semester ini dibanjiri dengan pesan singkat, ā€œPak saya ngga bisa absenā€, ā€œPak apa absen berpengaruh dengan nilai?ā€. ā€œPak, ini screen shootnya, bukti saya hadirā€.

Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran transfrormatif yang kolosal melibatkan ribuan mahasiswa adalah pengalaman menantang. Paradigma yang berbeda hingga teknis yang rumit serta bagaimana caranya mengakomodir pembelajaran daring dan luring dan berjibaku dengan dinamikanya yang luar biasa demi capaian pembelajaran yang optimal. Belajar banyak!

Bagi sebagian orang, ā€œeksplorasiā€ adalah sebuah dinamika yang menantang, mengasikkan, seru! Namun sebagian besar lagi justru bingung karena tak tau apa yang akan terjadi kelak, takut gagal dan terjatuh lebih memilih balik kanan dan menggunakan best practice walau tak relevan dengan jaman, yang penting amaaaanā˜ŗļø

Bagian lain selain ketakutan ā€œbereksplorasiā€ adalah tentang ā€œmemahamkan substansiā€. Titik krusial dalam pembelajaran itu sebenarnya adalah memastikan secara substansi apakah mutu pembelajaran dapat melekat pada pembelajar. Sayangnya entah mahasiswa atau institusi masih menitikberatkan pada kehadiran, absensi! yang penting hadir, tapi lupa outcomes.

Cukup mengherankan memang, begitu gelisahnya kita menanyakan jumlah absensi, ketimbang Ia mementingkan untuk bertanya apakah Ia ā€œmemahami substansi perkuliahannya atau tidakā€.

Atau jangan-jangan kita pengajar yang mementingkan kehadiran anak-anak saja untuk memenuhi kuantitas absensinya ketimbang memastikan apa yang kita ajarkan sampai diterima atau tidak.

Memahamkan substansi pada anggota ekosistem memang gampang-gampang susah. Dalam upaya menggiringnya kerap kali jadi terjebak pada output-output teknis, menghitung kehadiran, menghitung poin reward atau bagikan ppt šŸ˜€

Menawarkan outcomes seringkali menjadi sangat menantang dilakukan, karena cara berpikir seringkali berbelok dan terjebak dengan kebahagian berupa banyaknya output yang menimbulkan dampak semu, banyak kegiatan tapi tak berdampak, hanya senang sesaat.Berikutnya kita mulai kerja kembali dari 0, begitu seterusnya.

Lain kali, jangan lupa apakah diskusi-diskusi kita adalah diskusi substantif atau tidak, jangan lupa perjuangkan SUBSTANSI!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *